Apa itu Darjah Utama Bakti Cemerlang yang Diberikan Singapura kepada Prabowo?

Jakarta – Pemerintah Singapura memberikan penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Prabowo diberi penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) langsung oleh Presiden Singapura, Tharman Sanmugaratnam.
Lantas, apa itu Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera)? Apa syarat seseorang menerima gelar tersebut? Simak penjelasannya.

Apa itu Darjah Utama Bakti Cemerlang?
Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) adalah penghargaan militer tertinggi dari pemerintah Singapura. Penghargaan ini diberikan kepada tentara Singapura yang jasanya luar biasa bagi negara maupun orang di luar tentara Singapura yang berjasa dalam kerja sama militer dengan Singapura.

Dilansir situs resmi pemerintah Singapura, Perintah Layanan Terhormat Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dilembagakan pada tahun 1968. Perintah ini dapat diberikan kepada siapa pun yang telah melakukan tindakan atau rangkaian tindakan di Singapura yang merupakan perilaku terhormat.

Dalam keadaan khusus, Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dapat diberikan kepada siapa pun yang telah melakukan tindakan atau rangkaian tindakan luar Singapura yang merupakan perilaku terhormat.


Bentuk Lencana Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera)
Pada sisi depan lencana Tata Pelayanan Terhormat Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) terdiri dari lingkaran dengan enamel perunggu yang ditekan ke dalam pada 4 titik berlawanan dengan tulisan “DARJAH UTAMA BAKTI CEMERLANG” disertai huruf emas tertulis di atasnya.Karangan bunga dengan enamel hijau mengelilingi lingkaran.

Di tengah lingkaran terdapat perisai merah dengan latar belakang enamel putih bertuliskan bulan sabit dan 5 bintang dengan gulungan di bawahnya bertuliskan “MAJULAH SINGAPURA”. Sisi sebaliknya dari Lencana memuat lambang negara.

Lencana Tata Pelayanan Terhormat Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dikenakan hiasan leher dari pita, terdiri dari pita tengah berwarna merah yang pada setiap sisinya diapit oleh garis putih bergaris sempit diikuti dengan pita merah dan pita putih.


Prabowo Terima Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera)
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima penghargaan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera), penghargaan militer tertinggi dari Pemerintah Singapura. Penganugerahan diberikan langsung oleh Presiden Singapura Tharman Sanmugaratnam di Istana Kepresidenan Singapura.

Berdasarkan pantauan detikcom, Prabowo tiba di Istana Kepresidenan Singapura, Selasa (21/11/2023) pukul 12.30 waktu setempat. Prabowo dinilai telah memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan hubungan pertahanan antara Indonesia dan Singapura serta berjasa meningkatkan hubungan kerjasama TNI dengan militer Singapura.

“Sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia sejak tahun 2019, Yang Mulia Prabowo Subianto telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam meningkatkan hubungan pertahanan antara Republik Indonesia dan Republik Singapura,” ujar salah satu perwakilan pemerintah Singapura dalam pembacaan penganugerahan.

“Di bawah kepemimpinan Yang Mulia Prabowo Subianto, Perjanjian Kerja Sama Pertahanan kedua negara telah diratifikasi. Hal ini merupakan tonggak penting dalam hubungan pertahanan bilateral. Selain memperkuat hubungan pertahanan strategis kedua negara, perjanjian kerja sama pertahanan akan memungkinkan kerja sama dan interaksi yang lebih erat antara TNI dan militer Singapura”. https://kolechai.com

“Perjanjian tersebut juga akan memfasilitasi eksplorasi, diskusi dan pengawasan bidang-bidang baru kerja sama pertahanan. Kedua negara berharap dapat memberlakukan perjanjian kerja sama pertahanan, sebagai bagian dari serangkaian perjanjian di bawah kerangka yang diperluas antara Indonesia dan Singapura,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*