Hari Bela Negara, Jokowi Kasih Peringatan Petaka Covid-19

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Amanat Presiden dalam memperingati Hari Bela Negara ke-75 pada Selasa (19/12/2023).

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pertahanan, Jokowi memberikan beberapa warning terkait kondisi menantang di dunia global dan Indonesia akhir-akhir ini.

Salah satunya, ia turut menyebut soal pandemi. Sebagai informasi, covid-19 kembali melonjak di beberapa negara termasuk Indonesia dalam satu bulan terakhir.

Pantauan CNBC Indonesia di situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kasus aktif saat ini sudah tembus 2.204. Per hari Senin (18/12) kemarin, ada 243 kasus baru yang terdeteksi.

“Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tidak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dari risiko ketahanan negara,” tertulis dalam Amanat Presiden.

Untuk itu, Jokowi mengimbau agar masyarakat terus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan masyarakat tangguh dan cerdas dalam menghadapi berbagai kondisi yang tak menentu.

“Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara,” ia melanjutkan. https://belahsamping.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*