Ramai-ramai Warga RI Liburan Nataru, Bali-Korsel Jadi Favorit

Jakarta, CNBC Indonesia – Musim libur Natal dan Tahun Baru telah tiba. Pemerintah memprediksi 107,63 juta orang bakal melakukan perjalanan selama musim libur akhir tahun kali ini.

Hal itu juga dikonfirmasi platform perjalanan online, Traveloka. Disebutkan, selain ada peningkatan minat berlibur, juga ada fenomena pemesanan perjalanan mepet keberangkatan alias last minute. Sejumlah daerah di Indonesia pun jadi destinasi favorit konsumen Traveloka di musim libur kali ini.

“Mendekati periode libur akhir tahun 2023, Traveloka mencatat peningkatan minat konsumen hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu,” kata CEO of Transport Traveloka Iko Putera dalam keterangan resmi, Selasa (19/12/2023).

“Minat berwisata masyarakat ini tentunya memiliki potensi untuk terus bertumbuh, terutama dikarenakan tingginya preferensi konsumen untuk memesan perjalanan
dalam waktu singkat (last minute),” tambahnya.

Iko mengatakan, lonjakan ini jadi sinyal positif minat berwisata konsumen yang terus meningkat, melampaui periode sebelum pandemi. Menurutnya, hal itu didukung berbagai faktor, salah satunya ketersediaan infrastruktur yang memadai.

“Minat berwisata masyarakat terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Ini didukung beberapa faktor seperti infrastruktur yang memadai, ketersediaan produk dan layanan perjalanan terbaik sesuai kebutuhan dan aspirasi konsumen, hingga dukungan pemerintah dalam mendorong pertumbuhan industri pariwisata,” paparnya.

Selain itu, ujarnya, kolaborasi para pelaku industri pariwisata menghasilkan program-program inovatif.

“Sehingga semakin memudahkan konsumen dalam melakukan perjalanan. Kami percaya dengan hadirnya penawaran eksklusif ‘Year End Sale’, Traveloka tidak hanya memenuhi keinginan konsumen untuk dapat mewujudkan rencana liburan akhir tahun yang fleksibel, aman, dan terorganisir. Tapi juga dapat memberikan kontribusi besar terhadap industri pariwisata,” kata Iko.

Sementara itu, imbuh dia, berdasarkan hasil observasi Traveloka, destinasi wisata domestik favorit masih menjadi pilihan konsumen untuk merencanakan liburan.

Berikut destinasi favorit konsumen Traveloka :

1) Indonesia – domestik :

– Bali
– Medan
– Pekanbaru
– Padang
– Surabaya
– Ambon
– Sorong
– Kupang
– Ternate.

2) internasional – Asia :

– Jepang
– Singapura
– Thailand
– Malaysia
– Hong Kong
– Korea Selatan

3) internasional – luar Asia :

– Australia
– Eropa
– Amerika Serikat. https://brewokkiri.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*