Senyum Lebar Jokowi Saat Ditanya Soal Dasi Kuning dan Golkar

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo tersenyum lebar saat ditanya penggunaan dasi kuning saat bertugas ke Jepang beberapa hari lalu, dan hubungannya dengan Partai Golkar.

Saat ditanya wartawan alasannya menggunakan dasi kuning saat itu, Jokowi berulang kali menyatakan saat ini dirinya tidak sedang menggunakan dasi. Ia pun terus menerus tersenyum.

“Sekarang enggak pakai dasi, kan sekarang enggak pakai dasi,” ujar Jokowi selepas meresmikan Jembatan Otista di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Selasa (19/12/2023).

Ketika ditanya tanggapannya terkait adanya pernyataan petinggi Golkar yang menyatakan dasi kuning itu menandakan kepala negara nyaman dengan Golkar, Jokowi mengatakan nyaman sambil tertawa.

“Nyaman,” tegas Jokowi.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahli Lahadalia yang mendampinginya saat itu pun hanya tertawa.

Jokowi mengenakan dasi kuning ketika mau bertolak ke Jepang. Lantas apa dasi kuning itu memiliki makna dibaliknya? Saat ditanya wartawan mengenai makna penggunaan dasi berwarna kuning, Jokowi menjawab dengan candaan.

“Masa nggak tahu,” katanya di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Sabtu (16/12/2023).

Secara terpisah, Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang turut serta mengantarkan Jokowi ke Jepang, menjelaskan makna memakai dasi kuning tersebut.

Selain itu tampak yang melepas keberangkatan Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta adalah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Tadi beliau cerita kesulitan cari dasi, jadi yang ada dipakai,” kata Pratikno saat ditanya wartawan.

Penggunaan dasi kuning dianggap wartawan bukan hal yang biasa digunakan oleh Jokowi. Sehingga ditanyakan apakah memiliki makna yang tersirat. https://berikanlah.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*