Bye Batu Bara, RI Mau Gantungkan Nasib ke Energi Hijau

Jakarta, CNBC Indonesia – Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan ke depan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan sangat bergantung kepada ekonomi hijau. Negara yang menggantungkan ekonominya ke energi fosil dan sumber daya alam lainnya adalah cerita di masa lalu.

“Secara makro ke depan kita perlu sangat serius memperhatikan sektor terkait ekonomi hijau,” kata Suahasil dalam program CNBC Indonesia Exclusive, Senin (18/12/2023).

Suahasil yakin ekonomi hijau akan menjadi tema pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk beberapa dekade ke depan. Dia menuturkan banyak upaya Indonesia untuk menuju pada tren tersebut. Seperti dengan mengembangkan kendaraan Listrik, baik roda 2 ataupun roda 4.

Cara Indonesia yang lain untuk masuk pada industry ini, kata dia, adalah melalui pembangkit listrik energi baru terbarukan. Dia bilang teknologi tersebut relatif baru, namun menjanjikan untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depannya.

“Kalau kita bisa masuk ke situ akan sangat penting, di sisi pembangkit listrik yang hijau atau renewable itu tidak ada di masa lalu, kita harus dorong ke depan sehingga menjadi pendorong gerak ekonomi secara kuat,” ujar dia.

Dia meyakini cerita tentang sebuah negara yang menggantungkan pertumbuhan ekonominya pada industri sumber daya alam adalah tema yang umum di tahun 1970 dan 1980. Namun, hal itu tidak akan berlaku lagi di masa depan.

“Kita punya minyak dan gas, kita garap secara serius untuk kemudian menjadi propeller untuk gerak ekonomi lainnya, kita pernah boom kayu, boom mineral, batu bara dan lainnya, menurut saya ke depan kita harus memanfaatkan boom ekonomi hijau, itu sumber pertumbuhan ekonomi kita yang sangat besar ke depan,” kata dia. https://makcauhai.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*