Keseringan Minum Boba, Perempuan Ini ‘Simpan’ 300 Batu Ginjal

Jakarta, CNBC Indonesia – Seorang perempuan berusia 20 tahun asal Taiwan menjalani operasi pengangkatan lebih dari 300 batu ginjal akibat terlalu banyak mengonsumsi minuman boba.

Melansir dari The Strait Times, salah satu rumah sakit di Kota Tainan, Taiwan, melaporkan bahwa perempuan bernama Xiao-yu, masuk ke rumah sakit dengan kondisi mengalami demam dan nyeri parah di punggung bagian bawah. Setelah dilakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG), dokter menemukan bahwa ginjal kanan Xiao-yu mengalami pembengkakan dan berisi cairan serta batu ginjal. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa batu ginjal berukuran sekitar 5 millimeter (mm) hingga 2 sentimeter (cm).

“Tes darah juga menunjukkan adanya peningkatan jumlah sel darah putih,” tulis laporan rumah sakit, dikutip Senin (18/12/2023).

Sebagai tindakan, dokter memberikan antibiotik kepada Xiao-yu, mengeluarkan cairan dari ginjal, dan melakukan operasi invasif untuk menghilangkan lebih dari 300 batu ginjal yang tampak seperti “roti kukus kecil”.

Menurut laporan rumah sakit, Xiao-yu memiliki riwayat jarang minum air mineral dan sering mengonsumsi minuman boba.

Ahli urologi yang menangani operasi, dr. Lim Chye-yang mengatakan bahwa 9,6 persen masyarakat Taiwan terkena batu ginjal dalam seumur hidupnya. Adapun, laki-laki tiga kali lipat lebih berisiko terkena batu ginjal daripada perempuan.

“Penderita batu ginjal biasanya berusia antara 50 sampai 60 tahun,” ujar dr. dr. Lim Chye-yang.

Sebagai informasi, batu ginjal atau nefrolitiasis adalah kondisi yang muncul akibat terbentuknya endapan padat di dalam ginjal. Endapan tersebut berasal dari zat kimia dalam urine.

Menurut National Kidney Foundation, zat kimia pembentuk batu ginjal yang terdapat pada urine tersebut adalah kalsium, oksalat, sistin, xantin, dan fosfat.

Umumnya, zat-zat tersebut dapat dihilangkan oleh ginjal. Namun, jika terlalu banyak limbah kimia di dalam cairan urine yang sedikit maka dapat terbentuk kristal dan kemudian menjadi padat. https://blejermot.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*