Warga Bumi Kecanduan Online, Simak Data Terbarunya

Jakarta, CNBC Indonesia – Secara total, warga dunia menghabiskan 1,3 triliun jam untuk online di internet. Data tersebut terungkap dalam laporan bertajuk ‘Data Never Sleeps’ yang dirilis oleh perusahaan analisis data Domo.

Setiap tahun sejak 2013, Domo menerbitkan laporan tersebut yang menunjukkan apa yang terjadi di internet setiap menit, setiap hari, sepanjang tahun.

Setiap tahunnya ada tren baru yang dimasukkan ke dalam infografis mereka, tapi ada juga yang dihilangkan karena kurang relevan.

Salah satu tren baru yang masuk ke dalam infografis Domo tahun ini adalah penyanyi Taylor Swift, yaitu streaming lagu-lagunya dilakukan sebanyak 69,4 juta kali setiap 60 detik. Pendatang baru lainnya adalah ChatGPT, yang tercatat menerima 6.944 prompt per menit.

“Temuan tahun ini mencerminkan lanskap digital yang selalu berubah dan bergerak cepat, yang semakin diperkuat oleh pesatnya popularitas model AI seperti ChatGPT,” kata pendiri dan CEO Domo Josh James, dikutip dari Tech Spot, Selasa (19/12/2023).

“Data mendorong semua yang kami lakukan, mulai dari pencarian cepat online atau mengirim email hingga memeriksa berita utama terkini dalam perjalanan ke tempat kerja,” imbuhnya.

Dalam hal penggunaan di internet, setiap 60 detik, pengguna secara kolektif menghabiskan 25,1 juta jam untuk online.

Jumlah tersebut berarti masyarakat global menghabiskan lebih dari 1,3 triliun jam per tahun untuk menjelajah internet.

Di satu sisi, meskipun banyak keluhan dan kontroversi mengenai pembelian dan “penghancuran” yang dilakukan oleh Elon Musk kepada Twitter, tampaknya tidak memperlambat aktivitas pada layanan yang sekarang dikenal sebagai “X”.

Tahun ini, X melihat sekitar 360.000 postingan, yang berarti 12.800 postingan per menit lebih banyak dibandingkan tahun 2022.

Selain tren di atas, Domo juga mencatat kegiatan rutin apa saja yang dilakukan pengguna internet setiap 60 detik. Selama durasi yang singkat tersebut, ada 6,3 juta pencarian di Google, ada orang-orang yang mengirimkan 241 juta email, dan pengguna WhatsApp mengirimkan 41,6 juta pesan. https://bolalampupetak.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*